Bupati Blitar : Meningkatkan Derajat Ekonomi Masyarakat Lewat Gathering Dengan Calon Investor


BLITAR - Upaya mencapai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Blitar menuju Kabupaten Blitar lebih sejahtera, maju dan berdaya saing yakni melalui peningkatan investasi daerah. Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, akan semakin menggerakkan perekonomian masyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM dalam forum pertemuan dengan calon investor untuk mengenalkan potensi dan peluang investasi Kabupaten Blitar, Kamis (01/11) di Hotel Nam Jakarta.
Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga menyampaikan. “Tujuan dilaksanakannya kegiatan gathering atau pertemuan dengan calon investor ini selain mengenalkan potensi investasi di Kabupaten Blitar, seperti potensi di sektor pariwisata, UMKM, pertanian, peternakan dan sebagainya, juga untuk meningkatkan investasi baik PMDN maupun PMA di Kabupaten Blitar, yang pada akhirnya mampu meningkatkan derajat ekonomi masyarakat Kabupaten Blitar,” ujarnyanya.
Wahyono, dari BKPM Pusat memaparkan. “Kebijakan investasi terkini. Salah satunya adalah Online Single Submission (OSS), yang pelaksanaannya diatur dalam PP nomor 24 tahun 2018, merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian. Izin berusaha akan didapat oleh pelaku usaha dalam waktu kurang dari satu jam,” paparnya.
Untuk diketahui, sesuai data BPS pada tahun 2017 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blitar mencapai 5,07 dari sebelumnya Tahun 2016 sebesar 5,08. Sektor investasi daerah memberikan kontribusi yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blitar.
Pada Tahun 2016 kontribusi sektor investasi terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blitar sebesar 27,98 % dan meningkat menjadi 28,26% pada tahun 2017. Hal ini menunjukkan bahwa Kab. Blitar memiliki potensi dan peluang investasi untuk ditingkatkan. Terkait hal itu, DPMPTSP mengadakan kegiatan gathering atau forum pertemuan dengan calon investor untuk mengenalkan potensi dan peluang investasi.
Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Bupati Blitar, juga dihadiri oleh Satgas Percepatan Berusaha Kabupaten Blitar (OPD terkait), BKPM, Agus Salim DPMPTSP provinsi Jatim selaku moderator, Ketua Paguyuban Blitar, Agus Suhartono Pelaku usaha dari Blitar yang bergerak di bidang pariwisata, UMKM dan peternak ayam petelur. Juga investor dari Blitar 2 orang dan dari luar Blitar sekitar 60 orang. Ini dari berbagai bidang usaha dan stakeholders terkait.(TIM/VDZ) 
Lebih baru Lebih lama
Advertisement