Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Setiap Tahun Ganti, Biaya Ganti Pipa Perkilometer Rp. 1 Miliar


Surabaya NewsWeek- PDAM Surya Sembada Kota Surabaya secara bertahap mengganti seluruh jaringan pipa yang ada. Direktur Utama PDAM, Mujiaman Sukirno, mengungkapkan, rehabilitasi pipa wajib dilakukan agar tak ada kebocoran.

“Setiap tahun terus kita lakukan pergantian jaringan pipa, agar tidak ada kebocoran ”tandas Dirut PDAM Mujiaman Sukirno.

Mujiaman menjelaskan, total jumlah pipa PDAM yang terpasang di seluruh kawasan kota Surabaya sepanjang  6.000 KM. Sedangkan untuk  tiap tahun, PDAM melakukan penggantian pipa sepanjang 150 KM.

“Dalam waktu 40 tahun seluruh pipa sudah diganti,” jelas Mujiaman, Sabtu (24/11)

Ia memperkirakan, anggran yang dibutuhkan untuk penggantian pipa per kilometernya mencapai Rp. 1 M. Pipa yang diganti, ukurannya besar maupun kecil. Mujiaman khawatir, jika tak ada penggantian pada masa yang akan datang akan banyak kebocoran.

“Saya khawatir kalau tidak diganti, dampaknya akan ada kebocoran atau ada yang pecah,” ungkap Mujiaman Dirut PDAM

Dirut PDAM  menilai, rehabilitasi pipa biasanya tak mengganggu lalu lintas di jalan. Pasalnya, pengerjaannya hanya menambah pipa di sebelah pipa lama, kemudian setelah siap tinggal dikoneksikan.

“Sebenarnya rehabilitasi pipa tidak menggangu lalu lintas jalan, jika ada pekerjan proyek box culvert  itu yang menggangu, namun selama ini proses pergantian pipa dilakukan pada kawasan yang rawan terjadi kebocoran seperti di jalan Kalianak  ” tambahnya. ( Ham )

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda