Disdikpora Gelar Sosialisasi Program Pengembangan Karir dan Peningkatan Kompetensi Guru Se Kota Probolinggo


PROBOLINGGO - Guna meningkatkan karir dan kopetensi guru dalam memahami standar proses, maka  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kota probolinggo menggelar kegiatan Sosialisasi Program Pengembangan Pengembangan Karir dan Peningkatan Kompetensi guru yang diikuti 252 orang yang terdiri dari guru PAUD sebanyak 135, SD/SMP Negeri  71 orang, SD/SMP Swasta 46 orang.

Acara yang dilangsungkan di Gedung Puri Manggala Bhakti kantor walikota Probolinggo dihadiri oleh Walikota Hadi Zainal Abidin, Wawali, Staf ahli, Asisten, Kadisdikpora, dewan pendidikan serta narasumber dari Universitas Jember.

Drs HM Maskur M.Pd Kepala Dins Pendidikan Pemuda dan Olahraga kota Probolinggo dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya meningkatkan karir dan kopentsi guru.

"Kemudian meningkatkan pengetahuan kopetensi dan karir guru dalam melaksanakan pembelajaran disekolah dan meningkatkan pengetahuan kopetensi dan keterampilan dalam melakukan inovasi pembelajaran disekolah.”Ujarnya.

HM Maskur juga menyampaikan bahwa guru PNS yang belum menempuh jenjang pendidikan S1 sebanyak 71 orang terdiri dari guru PAUD dan TK sebanyak 8 orang, SD 51 orang dan SMP 12 orang. “kemudian guru swasta yang masih belum menempuh pendidikan jejang SI sebanyak 179 orang, sedangkan PAUD/TK  134 orang, SD 26 dan SMP 19 orang.

Namun yang hadir dalam kesempatan ini telah S1 namun belum linier, karena saat itu khususnya guru SD yang mengajar Bahasa Inggris waktu ada rintisan berstandar internasional, kami memulai kelas 4 SD telah diberlakukan pelajaran bahasa inggris.”jelasnya.

Sementara Walikota Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya mengatakan untuk menjamin perluasan akses peningkatan mutu terkait pendidikan yang bermutu dan elevansi serta pendidikan bermutu yang mampu menghadapi tantangan sesuai tuntutan perubahan jaman. 

“Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia beriman dan bertaqwa ke Tuhan Yang maha Esa serta bertanggungjawab. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan kopetensi dan kualifikasi akademi guru agar kualitas pendidikan yang ada khususnya dikota Probolinggo dapat meningkat.”Ujarnya.

Selanjutnya peserta sosialisasi ini mendapatkan pemaparan dari narasumber yang sengaja dihadirkan dari Universitas Jember. Ditempat yang sama, Kadisdikpora Drs HM Maskur M.Pd saat dimintai tanggapan atas kegiatan tersebut menyampaikan bahwa diera yang semakin banyaknya tuntutan yang mengarah pada kemandirian dan kemajuan khususnya dibidang pendidikan, maka perlu dilakukan berbagai penyampaian pemahaman pada para pendidik. 

“Kegiatan ini semata ingin agar para guru dapat meningkatkan peran secara total dalam proses pembelajaran disekolah yang didukung dengan kemampuan akademik yang memadai, Sehingga mutu pendidikan akan semakin meningkat karena dikelola olah tenaga yang berkopeten.”Ujar  Maskur. (Suh) 

Posting Komentar

0 Komentar