LSM LIRA Probolinggo Komitmen Dukung Pemilu Dengan Gelar Aksi Damai

Syamsudin SH, Bupati LIRA Probolinggo saat berada ditengah aksi damai.

PROBOLINGGO - Sebagai bentuk eksistensi dan kepedulian Lemaba Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LSM LIRA)  terhadap Negeri Kesatuan republik Indonesia utamanya jelang pemilu baik Pilres maupun Legislatif, maka LSM LIRA Probolinggo merealisasikan dalam aksi Damai yang mengambil konsentrasi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo , Rabu 13 Maret 2019. Aksi ribuan massa LSM ini merupakan aksi Damai 313 dan berjalan tertib, aman dan kondusif.

Bupati Lira Probolinggo Syamsudin SH, dalam orasinya menegaskan kalau LSM Lira Kabupaten Probolinggo siap mendukung dan mensukseskan Pemilu 2019. “Kami LSM Lira, Siap mendukung penyelenggaraan pemilu untuk memujudkan pemilu 2019 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur adil serta berintegritas,”jelasnya.

Syamsudin juga mengatakan bahwa pihaknya  mendukung pelaksanan kampanye pemilu yang aman damai, tanpa Hoax, Politisasi Sara dan Politik uang. “Kami LSM Lira Kabupaten Probolinggo siap mendukung pelaksanaan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”Ujarnya.

Untuk membuktikan Lira siap mengawal Pemilu 2019 aman, pihaknya siap bekerjasama dengan Bawaslu dan seluruh elemen masyarakat untuk melakukan pengawasan independen serta menekan terjadinya pelanggaran pemilu.“Kami juga siap melaporkan secara proses hukum apabila ditemukan oknum ASN yang tidak netral dalan proses dan tahapan pemilu sesuai UU No 7 tahun 2017,”tegasnya.

Sementara itu, ketua KPU Kabupaten Probolinggo HM Zubaidi mengatakan, Kalau dukungan LSM Lira tersebut merupakan dukungan resmi. “Terimakasih atas dukungan dan kerjasamanya. Apalagi Bawaslu Jatim memberikan sertifikat akreditasi pemantau Pemilu 2019 kepada LSM LIRA sebagai lembaga pemantau yang resmi,” tegas Zubaidi. 

Sepanjang pelaksanaan aksi damai 313 oleh LSM LIRA ini, berjalan lancar dengan dukungan pengamanan dari pihak Polres setempat. “Mudah-mudahan aksi Damai ini memberi nuansa lain di Kabupaten Probolinggo, termasuk keikutsertaan kami dalam memberi rasa aman dan damai pada masyarakat.”Ungkap Bupati LIRA Syamsudin SH. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar