Maulid Habsy Di Pesta Pantai Pagatan


BATULICIN - Dalam suasana kemeriahan pesta adat mappanre ritasi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Gebyar Maulid Habsy tingkat Kalimantan Selatan di Pantai Pagatan pada malam Rabu (23/04/19).

Kegiatan ini sengaja dilakukan karena demi menghidupkan perayaan pesta adat masyarakat Bugis pagatan atau disebut pesta pantai pagatan. Perlu diketahui bahwa masyarakat Bugis ini sudah puluhan tahun bahkan sudah turun temurun tinggal dipesisir pantai pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

Pesta pantai pagatan ini atau lebih kren disebut sebagai pesta adat Mappanre ritasi lahir karena masyarakat bugis. Tanpa mereka pesta adat ini tidak mungkin ada dipantai pagatan. Pesta adat ini dilaksanakan  setiap tahun dan setiap bulan April dilaksanakan. Mulai dari acara kecil - kecilan sampai sekarang sudah menjadi acara Nasional.

Maulid habsy ini sengaja di dilombakan di pesta pantai pagatan. "Melalui Gebyar ini diharapkan memperkuat islamiyah di sisi lainnya dapat mempererat budaya lokal religius bagi kalangan generasi muda, "kata Bupati Tanbu melalui Drs. M. Thaha saat membuka Gebyar Maulid Habsy itu. 


Ditengah era milenial ini lanjut dia, Pemerintah Daerah turut focus pada peran generasi muda yang dianggap sebagai aset pemerintah demi aktor pembangunan selanjutnya. Menurutnya, kaum milenial saat ini tengah berada pada lompatan jaman yang bisa memberi dampak positif maupun negatif. Justru demikian gebyar Maulid  ini diharapkan menjadi bentengnya.

"Melalui gebyar ini  saya mengajak semua pihak sebagai seremonial berkelanjutan, namun lebih dari itu bagaimana kita menjadikan momentum dalam membumikan sholawat nabi muhammad,"terangnya.

Sementara itu kegiatan di gelar selama 2 hari mulai tanggal 23 sampai 24 April. Dengan menghadirkan beberapa dewan Juri termasuk di dalamnya Hj. Mulyawati Rooswandi Salem. Kegiatan menyiapkan hadiah  pemenang ratusan juta rupiah. Diikuti  21 group putra putri  dari Kabupaten se Kalimantan Selatan.

Pesta pantai ini dirangkai dengan Pameran Pembangunan sehingga setiap malam tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh warga walaupun tidak semeriah ditahun- tahun sebelumnya, namun demikian animo masyarakat terhadap kegiatan ini tetap ada. Maklum masyarakat harus berhemat karna sebentar lagi akan menghadapi bulan suci Ramadhan. (irfan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement