Kuliah Gratis, Ini Yang Disampaikan DPRD Surabaya



Surabaya- Ketua komisi D DPRD Surabaya Agustin Poliana, kembali menyampaikan kabar baik kepada calon mahasiswa dari keluarga miskin yang lolos UMPTN, karena Pemkot Surabaya masih memberlakukan program Bidikmisi Pemkot.

“Kabar ini kembali kami sampaikan, agar para orang tua calon mahasiswa yang berlatar belakang keluarga tidak mampu tetap bisa optimis jika putra dan putrinya masih bisa mengenyam pendidikan tinggi gratis yang dibiayai APBD Pemkot Surabaya,” papar Agustin, Kamis (13/06/2019)

Menurut Agustin, setelah siswa dinyatakan diterima di PTN dan menyelesaikan seluruh adiministrasinya untuk semester awal, bisa langsung melaporkan ke Dinas Pendidikan Kota Surabaya, untuk mendaftarkan diri sebagai penerima program Bidikmisi.

“Untuk biaya administrasi semester awal diselesaikan saja dulu, nanti bagaimana caranya. Setelah itu, silahkan mengajukan permohonan ke Pemkot (Dispendik – Red ) untuk mendapatkan pembiayaan gratis dari program Bidikmisi,” ujarnya.

Masih Agustin,  ia juga meminta kepada Pemkot Surabaya khususnya Dinas Pendidikan selaku pengelola anggaran, untuk mempertimbangkan pasca kelulusan siswa penerima program Bidikmisi.

“Jangan hanya membiayai siswa, tetapi juga mempunyai tanggungjawab, untuk mengembangkan kemampuannya pasca kelulusannya,” jelasnya.

Ia menambahkan, program Bidikmisi ini adalah, bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, yang memiliki potensi akademik , namun terkendala dengan keterbatasan.

Program Bidikmisi ini, maknanya memang berbeda dengan program beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi.

“Bidikmisi ini ditujukan, untuk menjamin penerima program bidikmisi terseleksi, dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan, untuk menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi,”tambahnya. ( Adv/ Ham )

Lebih baru Lebih lama
Advertisement