UI Dan Pemkab Tanbu Jalin Kerjasama


BATULICIN - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menjalin kerjasama dengan  Universitas Indonesia (UI) terkait bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah.

Kerjasama ini ditanda dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Jum’at (6/9) di Gedung Pusat Administrasi – Kampus UI Depok.

Dikatakan Rektor UI Prof. DR. Ir. Muhammad Anis, M.Met, kerjasama ini patut di apresiasi secara baik antara pihak UI dan Pemkab Tanah Bumbu.

Lanjut dia. Dari kerja sama yang terimplementasi melalui  ini  antara Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Kepala UKK (Unit Kegiatan Khusus) Center for Strategic and Global Studies pada  Sekolah Kajian Strategic dan Global UI diharapkan mampu mendorong dinamika kemajuan daerah di Tanbu.

“Kerja sama ini tak lain merupakan salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pada aspek penelitian. Namun nantinya dua aspek lain yakni pendidikan dan pengabdian masyarakat juga akan kita kembangkan bersama Pemkab Tanbu”, ujar Rektor dalam sambutannya.

Di tempat yang sama Bupati Tanbu H. Sudian Noor mengungkapkan, sejauh ini dinamika pembangunan yang berjalan di Tanbu berjalan dengan baik. Hanya saja sambungnya, masih ada beberapa aspek pembangunan  yang tidak sinergis dengan aspek pembangunan bidang lainnya.

“Sebagai gambaran bisa saya sampaikan, di satu sisi kita sudah membangun infrastruktur fisik jalan dengan baik, namun di satu sisi pada kondisi tertentu ketika kita mendapat bantuan program dari pemerintah pusat misalnya berupa pipanisasi air bersih, yang mana dengan program bantuan itu kita harus sedikit merusak jalan yang sudah kita bangun dengan biaya tidak sedikit tersebut”, kata Sudian Noor.

Sehingga dengan begitu katanya, sangat perlu dibuat kajian dan tinjauan ilmiah terkait bagaimana agar hal-hal semacam itu tidak terjadi lagi.

Selain itu imbuh Bupati lagi, penandatanganan nota kesepahaman bersama itu juga merupakan langkah awal dan strategis bagi Pemkab Tanbu dan pihak UI dalam mengimplementasikan Tri Dhrama Perguruan Tinggi yang nantinya akan diselaraskan dengan ikon program pembangunan daerah Tanbu yakni Tri Dharma Pembangunan yang di dalamnya mencakup pembangunan insfrastruktur, pembangunan bidang pendidikan dan pembangunan bidang kesehatan.

Sebagai tindak lanjut atas penandatangan kesepahaman bersama tersebut, pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Kepala Bappeda Tanah Bumbu dan Kepala UKK Center for Strategic and Global Studies (pusat kajian stratejik dan global) Sekolah Kajian Stratejik Universitas Indonesia. Di mana perjanjian kerja sama itu berupa Kajian Perancangan Perkotaan Batulicin Ramah Air.

“Kajian Perancangan Perkotaan Batulicin Ramah Air itu seluas kurang lebih 1.700 Ha dengan cakupan batas area di antaranya Desa Kersik Putih dan Kelurahan Batulicin Kecamatan Batulicin”, kata Rahmadi.

Menurut Rahmadi yang juga Kepala Bappeda Tanbu memaparkan, kerja sama itu diarahkan bagi upaya perencanaan pengembangan wilayah perkotaan Batulicin yang ramah air, di mana pada tatanan implementasinya akan diproyeksikan bagi pemberian rekomendasi terhadap pencegahan banjir serta pemanfaatan elemen air hujan khususnya di wilayah perkotaan. (irfan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement