Bupati Madiun Achmad Dawami : Birokrasi, Dinkes, Rumah Sakit, Puskesmas dan Desa, Siaga 1 Hadapi Covid 19 atau Virus Corona


Foto Jumpa Pers Bupati.

MADIUN - Bertempat di Gedung Kampung Pesilat Kabupaten Madiun, Jum,at 20 Maret 2020 kemarin bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Madiun, Bupati Madiun Achmad Dawami mengadakan Konferensi Pers dengan sejumlah awak Media yang tergabung dalam Pokja Media di Kabupaten Madiun. Sebelum Konferensi Pers tersebut digelar, Team dari BPBD Kabupaten Madiun melakukan Penyemprotan Cairan Desinfektan di ruang Kantor Bupati dan diseluruh Ruang Kantor lainnya di Puspem Kabupaten Madiun.  

Bupati Madiun Achmad Dawami yang didampingi oleh Sekda Kabupaten Madiun Tontro Pahlawanto, Kadinkes, Kepala BPBD, Kepala Rumah Sakit Panti Waluyo, Kadindik dan beberapa pejabat lainnya kepada puluhan awak Media mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Madiun dan jajarannya seperti Dinas Kesehatan , BPBD , Rumah Sakit , Puskesmas hingga Desa telah siaga 1 menghadapi wabah Corona atau Covid 19. Pemkab Madiun telah melakukan langkah langkah seperti sosialisasi dan Ppencegahan terkait upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Satu contoh pada 5 Maret yang lalu, Bupati Achmad Dawami telah melakukan sosialisasi dan gerakan mencuci tangan dengan sabun dalam rangka menghilangkan potensi virus atau kuman yang kemungkinan bisa tertempel di tangan.

Dalam kesempatan Konferensi Pers tersebut Bupati Madiun Acmad Dawami menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Madiun akan berupaya semaksimal mungkin terkait Penanganan Covid 19 , baik terkait peralatan Medis seperti;  Alat Pelindung Diri atau APD, hand sanitizer , Fasilitas Kesehatan , Tenaga Medis dan Anggaran . Saat ini dikatakan oleh Bupati ada 205 ODP atau Orang Dalam Pengawasan dan diminta atas kesadaran diri sendiri untuk mengkarantina diri dirumah dan menghindari kontak langsung dengan orang lain, namun demikian ODP tersebut belum tentu terkena Virus Covid 19. Selain itu disisi lain Bupati juga menjamin ketersediaan kebutuhan Pokok atau Sembako sebagai kebutuhan pokok masyarakat aman dan terkendali. 

Foto Penyemprotan.

Dikatakan lebih lanjut oleh Bupati bahwa masyarakat Kabupaten Madiun diminta untuk mengutamakan menjaga Kesehatan Diri Sendiri, Kesehatan Keluarga dan Lingkungan . Wabah Virus Corona yang sudah menjadi Pandemi secara Internasional ini dapat diantisipasi potensi penyebarannya dengan beberapa langkah dan tindakan seperti menjaga kebersihan , mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, Terapkan Etika Batuk saat anda Batuk atau Bersin , Konsumsi Makanan Bergizi , Masak Daging dan Telor hingga Matang dan segera ke Puskesmas, Klinik atau Rumah Sakit terdekat bila mengalami gejala demam , Batuk Sesak dan Gangguan Pernafasan serta memiliki riwayat perjalanan dari Negara Terjangkit. Selain itu dihimbau untuk menghindari kerumunan orang, menjaga jarak dengan orang lain yang berpotensi bisa tertular dan menularkan virus , dan agar mengkarantina diri atas kesadaran diri didalam rumah (Social Distancing). Bupati mengajak warga Kabupaten Madiun untuk melakukan Kemandirian Kesehatan dengan bimbingan Team Puskesmas.

Warga masyarakat bisa berkoordinasi dengan aparat Desa jika sewaktu waktu memerlukan bantuan tindakan medis yang nantinya pihak desa  secara langsung akan Konek dengan  Puskesmas dan jika diperlukan penanganan tindak lanjut dapat dirujuk ke Rumah Sakit Panti Waluyo atau Rumah Sakit Dolopo.  Lebih lanjut ditegaskan oleh Bupati Achmad Dawami bahwa Protokol Covid 19 saat ini sudah jalan. Terkait status kewilayahan, Bupati Madiun Achmad Dawami mengatakan bahwa 15 Kecamatan di Kabupaten Madiun statusnya sama. Warga dihimbau untuk tidak panik namun tetap Waspada. Ditekankan sekali lagi oleh Bupati Achmad Dawami agar warga masyarakat Kabupaten Madiun dapat melakukan antisipasi atau pencegahan potensi penyebaran atau tertularnya Virus dengan sering mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir atau menggunakan Hand Sanitizer. Pemerintah Kabupaten Madiun juga melakukan penyemprotan cairan Desinfektan dibeberapa ruang Publik atau Fasilitas Umum seperti Pasar, Terminal Dan Lain lain secara bergulir. (Jhon/**)

Posting Komentar

0 Komentar