20 Unit Rumah Pra Sejahtera Desa Sungai Lembu Rampung



BATULICIN – Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) telah merampungkan pembangunan 20 unit rumah untuk warga pra sejahtera di Kabupaten Tanah Bumbu. Bangunan rumah di Komplek perumahan yang berlokasi di Desa Sungai Lembu,Kecamatan Kusan Hilir tersebut memiliki ukuran 5×6 meter dengan sumber pendanaan dari APBD Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2020.



Setiap unit rumah prasejahtera anggaran sebesar Rp 40 juta telah selesai dikerjakan pertengahan Mei lalu. Pembangunan 20 unit rumah tersebut merupakan kelanjutan dari program sebelumnya yang lebih dulu dibangun pada 2019 sebanyak 10 unit di lokasi yang sama.



“Pembangunannya  sesuai progres yang direncanakan sejak Januari lalu,20 unit rumah pra sejahtera itu peruntukannya khusus bagi masyarakat kurang mampu,”terang Kepala Disperkimtan Tanah Bumbu, Mahriyadi Noor melalui Kabid Perumahan Edi Purwanto,Selasa, 26 Mei 2020. Kategori warga tersebut lanjut Edy, yakni mereka yang tidak memiliki tanah dan tidak memiliki rumah berdasarkan rekomendasi Kepala Desa Sungai Lembu, Disperkimtan, Dinas PUPR, serta dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan.



Umumnya warga yang mendiami perumahan ini memiliki profesi sebagai pekerja serabutan, penjahit, tukang cuci, pembantu rumah tangga, buruh petik dan tukang kupas kelapa, nelayan serta pedagang bakso. Dari sejumlah warga yang mendiami perumahan itu, terdapat juga 9 orang diantaranya berstatus ibu rumah tangga sebagai kepala keluarga kategori janda ditinggal suami termasuk di dalamnya 7 orang anggota keluarga dinafkahi.



Pihaknya memastikan dalam beberapa hari ke depan akan melakukan peninjauan ke lokasi untuk memastikan kondisi pembangunan rumah benar-benar tuntas 100 persen. Ia berharap, pembangunan perumahan pra sejahtera akan terus berjalan di tahun berikutnya dan dilaksanakan merata di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.(maiya)

Posting Komentar

0 Komentar