Satu Wasaka Award Untuk Tanbu Dalam Momen HUT Propinsi Kalsel ke 70


BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) kembali meraih penghargaan tingkat provinsi. Pada peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) ke 70, Jumat (14/08/2020) pagi yang dilaksanakan secara virtual, Bupati Tanbu H Sudian Noor dan Wakil Bupati H Ready Kambo menerima penghargaan Sanitasi dan Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (Satu Wasaka Award) dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Satu Wasaka Award merupakan penghargaan bergengsi Provinsi Kalimantan Selatan dalam pembangunan Sanitasi dan Air Minum. Penghargaan ini sebagai upaya strategis yang dilakukan Pemrov Kalsel untuk melaksanakan perannya dalam “fasilitasi, koordinasi, advisory, advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring dan evaluasi sehingga program dan kegiatan pembangunan sanitasi dan air minum yang telah disusun oleh Kabupaten/Kota dapat diimplementasikan secara terarah sesuai dengan prioritas dan kondisi daerah serta disepakati pihak-pihak terkait dalam dukungan pendanaan.

Sedangkan tujuan dari Satu Wasaka Award antara lain guna mendorong Kabupaten/Kota meningkatkan akses sanitasi dan air minum, mendorong Kabupaten/Kota menyiapkan aspek regulasi, kelembagaan, pendanaan, infrastruktur sanitasi dan air minum, melaksanakan fungsi Pokja AMPL Provinsi dalam aspek advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring dan evaluasi, meningkatkan pelibatan multistakeholders salam pembangunan sanitasi dan air minum, serta mendorong inovasi daerah dalam pembangunan sanitasi dan air minum.

Adapun penerima Satu Wasaka Award Tahun 2019 yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Bumbu. Selanjutnya ada pula penghargaan bagi Pokja AMPL/Sanitasi responsif dalam upaya kemitraan pembangunan sanitasi dan air minum yaitu Pokja AMPL/Sanitasi Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Pokja AMPL/Sanitasi Kabupaten Tanah Bumbu. Turut menyaksikan penerimaan penghargaan itu Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem, perwakilan Forkopimda, Kepala SKPD dan undangan lainnya. (maiya)

Posting Komentar

0 Komentar