Wakil Ketua DPRD Surabaya: Jabatan Sekda Kewenangan Wali Kota

 

 



 

Surabaya- Seleksi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya harus dilakukan dengan cara cermat, agar menghasilkan sosok yang mumpuni dalam menjalankan tugasnya. Itu harapan Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti

 

"Itulah, seleksi harus dilakukan dengan sangat cermat, untuk menentukan sosok birokrat dengan SDM yang memang punya kemampuan problem solving. Bisa mengayomi, kemudian membangun budaya birokrasi yang produktif, dan juga menyenangkan," jelasnya, Senin (16/01/2023).

 

Reni Menjelaskan, Sekda merupakan jabatan birokrasi, yang tugasnya membantu memperlancar jalannya pemerintahan. Seiring dengan tantangan yang dihadapi oleh pemerintah kota Surabaya yang tidak semakin ringan. Misalnya kepadatan penduduk, persoalan banjir, kepadatan lalu-lintas, pengentasan kemiskinan. Sedangkan harapan masyarakat Surabaya semakin tinggi. 

 

"Sekda bisa menjadi dirijen semua OPD, membangun budaya organisasi, sehingga timbul suasana kerja yang baik, saling bersinergi untuk menciptakan kebersamaan," ujarnya.

 

Menurut dia, jabatan Sekda 3 tahun, merupakan kewenangan wali kota. Begitu juga untuk menentukan Sekda itu diganti atau tidak. Tidak ada yang membatasi kewenangan tersebut.

 

"Tapi saya lebih melihat pada kemampuan. Jadi misalnya, dalam satu tahun tidak bagus ya tidak usah menunggu 3 tahun untuk diganti. Sehingga Wali Kota perlu melakukan evaluasi tiap tahun, seperti yang dilakukan terhadap pejabat OPD," ungkapnya.

 

Disisi lain ia melihat, masa jabatan 3 tahun sebagai kesempatan yang diberikan kepada Sekda supaya berinovasi.

 

"Ada juga sisi positif ketika jabatan 3 tahun, yaitu inovasi kita memberi kesempatan untuk membangun inovasi" tandasnya.

 

Dia menambahkan, sejauh ini ada tiga nama ASN Pemkot Surabaya yang sudah menjalani berbagai tahapan seleksi. Mereka itu Kepala Inspektorat Ikhsan, Kepala Badan Kepegawaiaan dan Pengembangan SDM Rachmad Basari, dan Kepala DSDABM Lilik Arijanto. (Adv/ Ham).

 

 

Lebih baru Lebih lama
Advertisement