Blusukan Menko Muhadjir Berlanjut ke Terminal Bus

JAKARTA – Setelah dari jalan tol, blusukan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berlanjut ke  Terminal Bus Kampung Rambutan Jakarta Timur, pada Minggu, (09/04/2023). Agendanya  sama yaitu  melakukan cek kesiapan menghadapi arus mudik Idul Fitri 2023.

Menko PMK didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi, dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Saat blusukan di  Terminal Kampung Rambutan, Muhadjir mencek kesiapan terminal bus dalam melayani pemudik, mulai dari loket tiket, proses ticketing, petugas pelayanan bus, dan kelayakan bus dalam mengangkut penumpang,

Dia menyempatkan masuk ke salah satu bus untuk mencek kelengkapan bus. Mulai surat-surat kendaraan, kelayakan mesin bus, dan kelengkapan pengemudi, kesiapan supir dalam membawa pemudik.  

Muhadjir juga mencek langsung proses pengujian emisi salah satu bus. Dia mendapati bahwa bus yang dicek keluaran tahun 2010 masih layak jalan dengan ambang batas emisi buang yang rendah yaitu 27 dari batas atas 50. Dia juga meminta setiap bus yang berangkat melakukan uji KIR atau uji kelayakan kendaraan.

"Yang kita cek secara umum sudah sangat siap. Mulai dari para supir dan petugas. Kita sudah cek sampling kesiapan surat kendaraan. Tadi saya lihat mulai dari SIM supir, masa berlaku nomor kendaraan masih dipatuhi dengan baik. Dan kita cek uji emisi bus yang akan berangkat sudah disiapkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta," kata Mendikbud pada Kabinet Jokowi Jilid Satu ini.

Naik 30 persen

Menurut Muhadjir, pemudik yang hendak berangkat ke Jawa Tengah dan Jawa Timur dari Terminal Kampung Rambutan sampai saat ini naik sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan untuk Jawa Barat belum terlihat tanda-tanda kenaikan.

"Mudah-mudahan dari uji petik ini semua menggambarkan seluruh kendaraan di Terminal Kampung Rambutan dan memenuhi syarat dari yang kita temukan," ungkapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan, kesiapan pemerintah daerah memberangkatkan pemudik ke kampung halamannya. Pemda DKI akan mengadakan program mudik gratis untuk warga DKI Jakarta yang akan pulang ke kampung halaman.

Pemprov DKI Jakarta akan menyelenggarakan kegiatan Mudik dan Balik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2023. Mudik gratis akan digelar mulai 13-18 April 2023. Titik keberangkatan bus dilakukan di Monas, Jakarta Pusat."Pemda siap untuk mengantarkan masyarakatnya kembali ke kampung halamannya," kata Heru. (Hpo)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement