HUT Koperasi Ke-69, Koperasi itu Wujud Badan Usaha Milik Rakyat

LUMAJANG - Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menggelar peringatan Hari Koperasi ke-69 Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Lumajang di Rumah Makan Pondok Asri Lumajang, Rabu kemarin (24/8). Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag dan Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes, Pejabat Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lumajang, tokoh masyarakat, tokoh agama serta anggota kopwan dan kopsis se-Kabupaten Lumajang. 

Dengan mengambil tema “Koperasi Wujud Badan Usaha Milik Rakyat”, peringatan ini disemarakkan dengan berbagai kegiatan diantaranya pemberian hadiah lomba dalam rangka peringatan HUT RI ke-71th dan penyerahan penghargaan kepada koperasi berprestasi, juara I penghargaan uji kompentensi kopwan terbaik tingkat Jatim, juara III lomba short movie jambore koperasi pemuda tingkat Jatim, dan juara III lomba olahraga jambore koperasi pemuda tingkat Jatim, serta penyerahan NIK koperasi dari Kementrian Koperasi dan UKM RI.

Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag saat membacakan sambutan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI mengatakan di usia koperasi yang ke-69 tahun ini, banyak koperasi yang telah maju dan dapat memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitarnya. 

Bupati As’at juga menambahkan koperasi-koperasi tersebut memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapatan, sehingga tingkat kesenjangan atau ketimpangan ekonomi dapat dikurangi. Diperlukan tindakan konkrit untuk reformasi total, baik dalam cara pandang, maupun dalam mengelola koperasi secara baik dan benar. 

"Dalam kesempatan ini saya mengajak para pembina, pengurus, pengelola, seluruh anggota koperasi untuk berpartisipasi dalam reformasi total koperasi sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing," himbaunya. 

Bupati As’at menegaskan pemerintah akan terus hadir dan berkomitmen untuk membangun koperasi melalui berbagai kebijakan dan program, dalam bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), kewirausahaan, peningkatan akses pembiayaan, fasilitasi pemasaran, manajemen dan teknologi informasi. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lumajang, Dra. Eka Tursila Wardani mengatakan kegiatan yang dilaksanakan diharapkan mampu menjadikan koperasi lebih aktif dan berkembang sebagai soko guru. "Koperasi juga diharapkan dapat menjadi organisasi masyarakat yang kokoh dan berfungsi sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan bangsa. Sehingga bisa menjadi penopang ekonomi kerakyatan khususnya di Kabupaten Lumajang," ujarnya. (h)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement