“Proyek Jaringan Irigasi Joresan” Terancam Di Laporkan Lembaga Pengawas Korupsi



Lokasi proyek cor porsmen LPK Jatim dan ketua HIPPA Ihsan
PONOROGO - Lembaga pengawas korupsi jawa timur perwakilan di Ponorogo siap melaporkan ke penegak hukum atas dugaan banyak penyimpangan di lapangan terkait proyek jaringan irigasi desa joresan kecamatan Mlarak kabupaten Ponorogo. 

Temuan di lapangan oleh lembaga pengawas korupsi jawa timur perwakilan Ponorogo, Joko susilo menjelaskan bahwa terkait proyek irigasi di desa joresan di duga kuat adanya penyimpangan dan terkesan asal – asalan,pasalnya pekerjaan yang seharusnya di kerjakan secara swakelola masyarakat setempat untuk petani pemakai air atau HIPPA akan tetapi diborongkan.

Pemborong Bambang mengaku kalau menjadi mandor dan pemborog proyek tersebut  dengan panjang 385 meter untuk pengerjaan di borong Rp 30 juta dan ,yang mengerjakan adalah masyarakat desa Sawoo kecamatan Sawoo.Hasil pemantauan LPK Jatim menjelaskan proyek itu di duga tidak kwalitas.di lihat dari campuran atau adukan semen pasir saja sudah jelas untuk semen yang di gunakan minim sekali.

“Seharusnya proyek ini di kerjakan masyarakat yang berketempatan proyek akan tetapi di borongkan ini yang gak benar “tegas joko susilo. Sedangkan ketua HIPPA Ihsan mengakui bahwa proyek itu tidak di borongkan “siapa yang bilang kalau di borongkan  itu tidak benar masyarakat mana  kasih tahu saya kelihatan ada yang di tutupi dan mengakui jumlah sumber dana Rp 128 juta .”  ujar ihsan pada joko susilo.

Lembaga pengawas korupsi akhirnya klarifikasi pada kepala dinas pertanian  ,Hermanto menjelaskan kalau proyek itu di borongkan tidak boleh ,dan ada mosi tidak kepercayaan pada lembaga menawarkan pada lembaga untuk mengajak sidak di lapangan ,ketika lembaga siap Hermanto  bilang besuk rabu akhirnyalembaga tidak mau ,wong’’ namya sidak kok lain hari ‘’ katanya.

Joko Susilo menyampaikan dinas kita klarifikasi  yang seharusnya menindak lajuti akan tetapi juga ada dugaan kong kalikong.,,,,, Padahal lembaga sudah kemana- mana termsuk sebelim datang ke ktua HIPPA juga datang ke rumah kelompok tani mukti Peno mengatakan sebelumnya proyek itu di tawarkan suruh kerjakan kelompok tani ,namun tiba- tiba di borongkan pada pak bambang.Y, silahkan kalau gitu yang penting proyek itu jadi kata peno pada lembaga Joko Susilo. (tim)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement