Ancak Agung Jadi Icon Wisata Religi Kabupaten Situbondo

SITUBONDO - Pawai ancak agung kini jadi tradisi tahunan setiap perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. di Situbondo. Pawai Ancak agung sepertinya sudah jadi icon wisata religi, karena masyarakat sangat antusias menyaksikannya di sepanjang jalan.

Sekitar 1 Kilo meter ruas jalan yang dilalui pawai ancak agung dipadati ratusan warga. Pawai Ancak agung itu dimulai start dari depan Kantor Bayangkara Jalan PB Sudirman hingga alun-alun kota Situbondo.

Pawai ancak agung mirip tradisi sedekah bumi. Setiap kecamatan yang mengikuti pawai ancak agung, membawa aneka ragam ancak berisi hasil bumi. Seperti buah-buahan maupun makanan. Setibanya di alun-alun Situbondo, ancak agung dijejer di bagian depan jamaah pengajian maulid nabi. Ribuan warga dari seluruh Kecamatan di Situbondo memadati alun-alun.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto,SH.dalam Sambutan pidatonya,Pemkab merasa perlu memfasilitasi pawai ancak agung, agar tradisi masyarakat ini terus hidup. Meski demikian, pawai ancak agung tidak menghilangkan makna perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dadang menambahkan, perayaan maulid nabi merupakan sarana menambah rasa cinta. Hakikat cinta kata Dadang, merupakan roh ajaran islam yang sesungguhnya. Lebih jauh Bupati Dadang menambahkan, aneka ragam ancak agung, semata-mata sebagai bentuk syukur kepada Allah. Ancak agung merupakan symbol bersyukur, karena masyarakat telah diberi anugerah melalui berbagai kekayaan alam yang ada di Situbondo.

Polres Situbondo mengerahkan ratusan personil polisi. Selain  itu, Polres Situbondo juga mengalihkan arus lalulintas sepanjang jalan PB Sudirman, berputar melewati jalan WR Supratman, Wijaya Kusuma,  dan jalan Sucipto.

Sepanjang rute pawai lalulintas ditutup agar tidak dilalui kendaraan. Untuk mengamankan pelaksanaan pawai ancak agung dan Maulid Nabi Muhammad di alun-alun Situbondo, Polres mengerahkan 350 personil.

Selain mendapat pengamanan anggota polisi, pawai ancak agung dan Maulid Nabi juga mendapat pengamanan Satpol PP, Dishub dan Banser NU. Kapolres Situbondo AKBP Puji Hendro Wibowo,Saat di temui Newsweek mengatakan, ratusan personil dikerahkan untuk kelancaran acara pawai ancak agung dan Maulid Nabi. Ratusan personil disebar di sejumlah simpul pengamanan.

Kapolres menambahkan, kehadiran polisi dalam setiap acara yang melibatkan masyarakat, harus memberikan rasa aman dan nyaman. Oleh karena itu, Kapolres juga menerjunkan anggota Provost, untuk memantau anggota polisi yang sedang menjalankan tugas di lapangan.(Hos/Pri)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement