Komitmen Kades Krobungan Dalam Memaksimalkan Pelayanan, Pertanian dan Pembangunan Pada Setiap Titik Dusun


Sahi Kepala Desa Krobungan Kec. Krucil Kab. Probolinggo

Probolinggo - Perkembangan berbagai sektor di desa Krobungan kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo makin menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan. Meski kemungkinan ada sesuatu yang belum bisa dipenuhi di desa ini, namun secara global, apa yang mencakup hasrat warga desa ini secara bertahap dapat diakomodir.

Hal ini terungkap saat tim wartawan media ini berbincang santai bersama Kepala Desa (Kades) Krobungan, Sahi (40) dikediamannya. Menurut pria berputra 3 ini, apa yang telah dilakukan terhadap desa yang saat ini dipimpinnya telah berjalan secara maksimal. Kenyataan ini meliputi segi pelayanan terhadap warga yang bisa dikatakan siap 24 jam, kemudian sektor keamanan yang menjadi salah satu kebutuhan warga desa sehingga dengan kondisi  desa yang cukup aman, akan memunculkan suasana kondusif.

Dilihat dari perkembangan grafik pembangunan didesa ini, sudah bisa dikatakan cukup memberi manfaat bagi warganya. Meski kepemimpinan Sahi sebagai Kepala Desa belum genap 2 tahun, namun realisasi pembangunan dapat disaksikan dibeberapa sudut dusun. Adapun wujud pembangunan yang dimaksud meliputi pembangunan jalan Rabat beton, Pembuatan Plengsengan (Drainase) yang mencakup kebutuhan irigasi serta pengadaan bantuan bibit durian bagi warga. 

Dalam mengelola pemerintahan desa, Sahi yang dibantu 16 perangkat desa ini berupaya memberi kontribusi bagi kemajuan desa, utamanya pengembangan sektor pertanian mengingat sebagian besar warga desa ini bermatapencaharian sebagai petani. Selain itu, terapat sejumlah warga yang mengembangkan sektor perkebunan yang salah satunya komoditas buah durian. Untuk itu tidak berlebihan apabila, Kades Krobungan (Sahi) mempunyai inisiatif berkontribusi pada warga yang mengandalkan sektor perkebunan melalui pemberian seribu lebih bantuan bibit yang besumber dari Anggaran Dana Desa. 

Dilihat dari letak geografis desa ini, kenyataan yang harus dihadapi oleh masyarakat desa Krobungan ketika mereka kesulitan memperoleh air bersih. Menurut Kades Sahi, kesulitan memperoleh air bersih menjadi kendala bagi warga desanya Sudah beberapa kali kami melakukan pengeboran air pada titik tertentu, namun semua tidak pernah membuahkan hasil. Untuk itu, kami mengharap adanya bantuan pemeintah dalam upaya pengadaan sumur bor ini atau air bersih.ujarnya.

Terobosan yang dilakukan oleh Kades Krobungan terhadap warga desanya dan satu diantaranya memberikan bantuan ribuan bibit durian, lagi-lagi Sahi cuma berharap agar masyarakat yang menerima bantuan bibit tersebut dapat memanfaatkan bibit ini Kami berharap agar warga bisa memanfaatkan bantuan bibit tersebut untuk segera ditanam, sehingga nantinya dapat memberi tambahan ekonomi bagi warga baik bagi dirinya maupun anak cucunya.kata kades.

Alhamdulillah saya mendapat bibit pohon durian dari Pak Kades. Mudah mudahan semuanya akan membawa berkah dan semoga Pak Kades selalu diberi kesehatan dalam memimpin desa ini.ujar Anang, warga desa setempat seperti disampaikan pada wartawan media ini. (Suh)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement