Rapat Pembekalan Kegiatan PKK KB Kesehatan 2016

JOMBANG - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Ir. Hj. Tjaturina Yuliastuti Wihandoko MM hadiri rapat Kegiatan PKK KB Kesehatan tahun 2016 di Kabupaten Jombang  pada agenda pembekalan PKK KB Kesehatan (26/10) di gedung PKK kabupaten Jombang dengan tema “peran PKK dalam pemberdayaan perempuan menuju perempuan yang mandiri, sehat, bahagia, sejahtera"

Tujuan pelaksanaan pencanangan dan pembekalan ini untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program KB-Kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor dalam kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan antara lain mengenai pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, program KB Nasional, Kesehatan serta pemberdayaan masyarakat.

Disampaikan oleh Hj. Tjaturina Yuliastuti Wihandoko yang akrab disapa Bu Nyono,  selama ini kontribusi dan peran PKK dalam bidang kesehatan, KB dan pemberdayaan perempuan di Kabupaten Jombang sudah cukup nampak selanjutnya untuk jangka panjangnya kedepan PKK juga akan membantu program yang lebih memberdayakan kaum perempuan dan perlindungan terhadap anak.

Melalui momentum kegiatan Kesatuan gerak PKK KB Kesehatan bersama sama dengan organisasi wanita (PKK), lembaga sosial untuk meningkatkan komitmen dalam mensukseskan pembangunan di segala bidang antara lain bidang Keluarga Berencana dan Bidang Kesehatan sehingga terwujud  Masyarakat Jombang Sejahtera Untuk Semua.

Kepada SKPD terkait untuk dapatnya memberikan materi penjelasan tentang langkah-langkah yang akan segera dilakukan oleh pihak kecamatan sehingga bisa tercapai dengan sebaik-baiknya sesuai rencana dan mengacu pada pedoman yang ada.”Dari hasil evaluasi  yang ada, mari kedepan kita lebih maksimalkan lagi program-program PKK di kabupaten Jombang, dan kita lebih tingkatkan  lagi program yang sudah baik”, tuturnya.

Pelaksanaan kegiatan hari kesatuan gerak PKK, KB-Kesehatan merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang secara terpadu dan berjenjang . Dengan dukungan keterpaduan lintas sektor kegiatan ini akan bertumpu pada kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB-Kesehatan di desa dengan kader-kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

”Kegiatan PKK ini sangat penting, dan sangat besar manfaatnya guna mendukung pembangunan di kabupaten Jombang sesuai visi misi Jombang Sejahtera Untuk Semua, untuk itu peran dan dukungan para suami sangat diharapkan ketika para Ibu aktif dalam kegiatan PKK,”tandasnya.

Dalam kegiatan ini disampaikan pula materi Pentingnya Pengendalian Penduduk Bagi Pembangunan oleh Drs. Edy Suyanto, MSi dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Jombang dan Materi Pelayanan KB Berkualitas  oleh Ida Nikmatul Ulfa Spd, MKes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan oleh Nur Kamalia SKM, MSi.

Dalam pertemuan tersebut diikuti oleh Badan PPKB, Dinas Kesehatan, RSUD Jombang, Camat, UPT Badan PPKB, Puskesmas, RSI Jombang, Pengurus TP PKK Kabupaten, Ketua TP PKK Kecamatan, RSUD Ploso, RSK Mojowarno, dari Kodim 0814, Danramil  Mojowarno, Danramil Mojoagung, Danramil Diwek, Kesdim 0814, IBI Jombang dan Kesra Pemkab Jombang.(ko)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement