e - Kinerja Tingkatkan Akuntabilitas Kinerja ASN



KEDIRI - Sebagaimana tugas pokok dan fungsi yang diemban untuk mengimplentasikan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kediri, reformasi birokrasi merupakan salah satu bagian visi misi Bupati Kediri Terpilih dr.Hj Haryanti Sutrisno. Salah satu bentuknya terdapat pada misi No. 11 yakni terwujudnya Aparatur Pemerintah yang profesional dan melanjutkan reformasi birokrasi.

Dr. Sonny Subroto Maheri Laksono, M.Si, selaku Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kediri menjelaskan, bahwa banyak hal yang harus dipersiapkan, pertama infrastruktur peraturan agar perangkat daerah dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Kedua, penata ulang perangkat daerah berdasarkan UU no 23 Tahun 2014.

Bagian Organisasi sebagai leading sektor reformasi birokrasi, setelah organisasi berjalan maka perlu diatur mengenai tatalaksana, bagaimana membuat bisnis proses pelaksanaan kinerja perangkat daerah dapat berjalan dengan baik”

“e-Kinerja disetting agar semua ASN di Kabupaten Kediri dapat berkinerja dengan baik dan terukur, sehingga apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya bisa dilakukan dengan baik, terkontrol oleh pimpinan dan akuntabel” urai Sonny.

Hal senada juga dijelaskan oleh Joko Suwono, S.Sos. MAP Kepala BKD Kabupaten Kediri, sebagai pembinaan kinerja ASN. Program peningkatan profesionalisme ASN di Kabupaten Kediri di tahun 2017 ini menerapkan penilaian kinerja PNS berbasis online dengan nama e-Kinerja.

Aplikasi ini menyediakan ruang bagi ASN untuk mencatatkan aktifitas kerja, yang dituangkan dalam aplikasi, catatan tersebut nantinya akan diakumulasi selama di jam kerja dengan satuan menit.

Aplikasi e-Kinerja ini berkembang seirama dengan penerapan absensi sidik jari berbasis online dengan nama Siabjo. ASN punya kewajiban mentaati jam kerja dan mengisi aplikasi e-Kinerja, mempunyai kontribusi terhadap organisasi, memanfaatkan waktu jam kerja dalam kedinasan. Dimulai dari apel pagi hingga pada saat jam pulang, semua terdokumentasikan pada aplikasi e-Kinerja. Kata Joko Suwono.

Harapan terbesar dalam penerapan e-Kinerja yakni adanya peningkatan kinerja sehingga apa yang ingin dicapai adalah pegawai memiliki kontribusi positif dalam peningkatan target, capaian yang sudah ditetapkan terutama dalam mendukung visi dan misi Bupati Kediri. Tambah Joko Suwono sambil praktek absen siabjo. (dim/kom)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement