Drs. H. Mustaing : Jangan Abaikan Aspek Kemanusiaan Saat Berhadapan Masyarakat

BATULICIN - Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Tanah Bumbu  Drs.H.Mustaing  saat menutup Diklat Pemantapan Aparatur Satuan Polisi Pamong Praja Dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar Kab. Tanbu di halaman Kantor Bupati Jumat (25/01). menyampaikan bahwa tugas Satpol PP bukan pekerjaaan yang ringan, sejatinya tugas yang dijalankan akan berhadapan dengan situasi yang lebih darurat di masyarakat.

Dengan demikian peran yang dijalankan oleh jajaran tugas penegakan Perda tersebut turut diingatkan agar tetap lebih mengedepankan aspek kemanusiaan serta bertindak lebih profesional berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan.

"Ini penting karena tugas Pol PP itu berhadapan langsung dengan masyarakat, dan sewaktu - waktu bisa terjadi hal - hal yang sama -sama kita tidak inginkan, oleh sebab itu walaupun Pol PP dalam tugasnya dilindungi oleh Undang - Undang namun tetap mendepankan aspek kemanusiaan"ujar Mustaing

Dijelaskannya, penerapan  dengan aspek kemanusiaan bukan berati kita lemah saat menegakan aturan. Namun disisi terpenting kita sudah mempunyai tahapan persuasif yang harus dijalankan tanpa tahapan  dengan cara kekerasan. "Tahapan pertama adalah tindakan  persuasif sebelum exekusi dilapangan  setelah itu eksekusi sekaligus solusi yang di berikan,"tandasnya.

Demi untuk memperkuat peran Pol PP dan Damkar yang dipimpinnya maka Kasat Pol PP Dan Damkar Ir.H. Riduan sudah merencanakan  tiap tahunnya akan memperkuat aparaturnya melalui Diklat bersama instansi Militer. Namun sebelum itu , pihaknya akan rutin melakukan latihan kesamaptaan  internal ditiap seminggu sekali.

"Melalui Diklat sebagai penguatan aparatur ini diharapkan anggota Pol PP akan mampu melaksanakan tugas dengan disiplin yang tinggi sehingga menjadikan Satpol PP dan anggota Damkar akan lebih disegani dan profesional dimata masyarakat"imbuhnya. (irfan)

Posting Komentar

0 Komentar